Alasan Cara Jualan Pulsa Lewat WhatsApp Jadi Incaran

By |

cara jual pulsa lewat whatapp

Zaman terus berkembang, maka bisnis pun harus mengikuti. Bila dulu, untuk dapat berjualan pulsa, hanya perlu bermodalkan 1 ponsel lawas berukuran kecil yang hanya bisa untuk mengirim pesan serta telepon, maka kini sudah berubah. Untuk bertransaksi, hampir distributor menyediakan layanan cara jualan pulsa lewat WhatsAppyang mudah dan praktis.

Mengapa demikian?

Alasan Banyak yang Memilih Cara Jualan Pulsa Lewat WhatsApp

  1. Semua memiliki aplikasinya dan terjangkau ke banyak orang

Hampir semua orang kini beralih ke aplikasi pesan WhatsApp untuk saling bertukar kabar. Tidak lagi memanfaatkan fitur SMS yang memerlukan biaya. Untuk itu, berjualan pulsa melalui aplikasi pesan ini, akan lebih mudah lantaran hampir semua orang memiliki dan terjangkau untuk semua kalangan. Aplikasinya pun cukup ringan dan membantu dalam membuat rekapan.

  1. Mudah dalam komplain dan bertanya

Melalui aplikasi WhatsApp, Anda dapat dengan mudah bertanya kepada customerserviceserver distributor atau kepada rekan-rekan lain. Bahkan, dengan menggunakan aplikasi ini, dapat dibentuk grup khusus para agen yang memudahkan dalam berkonsultasi dan menyampaikan permasalahan yang ada. Berbagi tips untuk melanggengkan usaha pun dapat terjadi, sehingga bisnis dapat terus berjalan.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan WhatsApp untuk Bisnis

Selain dua alasan tersebut, ada pula keuntungan yang diperoleh menggunakan WhatsApp untuk bisnis, yaitu:

  1. Respon yang diperoleh jauh lebih cepat, lantaran lebih sering dibuka dan digunakan.
  2. Format yang dikirimkan, tidak hanya bisa diketik, tetapi juga dapat memanfaatkan fitur audio atau bahkan voicetotext yang terdapat di semua smartphone.
  3. Tidak adanya biaya setiap transaksi dilakukan, meringankan beban keuangan para agen. Sehingga tidak perlu ada anggaran khusus untuk biaya SMS setiap kali transaksi.
  4. Proses pendaftaran yang mudah serta komplain yang lebih cepat ditanggapi. Bahkan, bukan hanya tim server distributor yang akan menanggapi, tetapi juga dari rekan-rekan lain yang mungkin pernah mengalami permasalahan serupa.
  5. Dapat saling berbagi tips untuk mengembangkan usaha masing-masing dalam 1 lingkup grup agen di satu server distributor yang sama.

Selain keuntungan, tentu ada kerugian yang diperoleh. Di antaranya:

  1. Load data terlalu besar dan banyak jika menyimpan pula file gambar, audio, maupun video. Akibatnya, memori dapat terkuras lebih cepat dan bila ponsel tidak kuat akan mudah hang atau error.
  2. Jika ponsel rusak, semua data di WhatsApp dapat hilang jika tidak rutin melakukan backup ke drive. Maka, pastikan Anda rajin melakukan backup untuk membantu jika sewaktu-waktu ada kerusakan ponsel.
  3. Harus updatesecara berkala. Terkadang forceupdate yang diminta pihak WhatsApp bisa mengganggu jika saat itu transaksi tengah berjalan.
  4. Meskipun tidak ada biaya setiap kali mengirim pesan atau transaksi, tetapi ada biaya untuk membeli paket data setiap bulannya. Jika dihitung, biayanya pun akan sama besarnya.
  5. Memerlukan ponsel pintar yang mana tidak semua orang memilikinya. Harganya pun jauh lebih mahal daripada ponsel lawas.

Itulah alasan mengapa banyak server distributor yang mulai beralih untuk cara jualan pulsa lewat WhatsApp, meskipun layanan SMS masih difungsikan. Selain itu, ada pula keuntungan dan kerugiannya. Anda dapat mempertimbangkan sendiri sebelum mulai berjualan pulsa, baik melalui distributor server atau membuka distributor sendiri. Apa pun itu, selama memberi keuntungan dan kenyamanan konsumen, tidak ada masalah. Semoga berhasil dengan usahanya dan semoga artikel ini membantu.