Cara Jual Pulsa Listrik

Cara Jual Pulsa Listrik

Cara Jual Pulsa Listrik yang Mudah dan Menguntungkan

Apakah kamu berencana menjadi agen pulsa listrik tapi belum mengetahui cara jual pulsa listrik? Perlu diketahui bahwa pulsa listrik merupakan listrik prabayar yang pembayarannya dapat dilakukan menggunakan pulsa atau token di awal pemakaian. Jadi ketika nominal pulsa yang ada di meteran sudah habis, maka listrik akan mati.

Secara garis besar cara jual pulsa listrik mirip dengan tata cara menjual pulsa reguler atau pulsa data pada umumnya. Kegiatan jual pulsa listrik menjadi salah satu sektor bisnis baru dari pihak PLN yang dapat digeluti di rumah. Apakah kamu tertarik mencoba dan mempelajari jualan tokenĀ  listrik?

Bagaimana Cara Jual Pulsa Listrik?

Pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus mendaftarkan diri menjadi agen jual pulsa kepada pihak yang berwenang untuk mendapatkan member ID. Banyak agen yang bisa menjadi supplier pulsa listrik, kamu bisa menentukan agen yang kamu anggap amanah dan terpercaya.

Syaratnya juga cukup mudah, biasanya kamu hanya akan dimintai nomor telepon aktif yang nantinya bisa dijadikan sarana transaksi. Setelah mendaftar, selanjutnya yang kedua adalah mengisi deposit untuk saldo sesuai petunjuk dari agen supplier yang kamu percaya.

Untuk modal awal, biasanya kamu diminta untuk mengisi saldo minimal Rp100.000,- untuk deposit. Namun ada baiknya kamu menyiapkan modal lebih besar, yaitu sekitar Rp500.000,- karena transaksi pulsa listrik biasanya lebih besar daripada pulsa reguler.

Selanjutnya, saldo pulsa akan masuk secara otomatis ke member ID kamu. Setelah semua tahap kamu lewati, kamu bisa langsung menjualnya kepada pengguna pulsa listrik. Cara jual pulsa listrik tidaklah sulit sehingga kamu bisa memulainya dari sekarang.

Peralatan Apa yang Dibutuhkan oleh Agen Pulsa Listrik?

Bisnis jual pulsa dan token listrik memang sangat menggiurkan di era yang serba digital ini. Selain caranya yang mudah, peralatan yang dibutuhkan juga tidak banyak. Kamu hanya perlu menyediakan HP berupa ponsel pintar, laptop atau komputer, dan printer khusus.

HP digunakan oleh distributor pulsa token listrik untuk melakukan interaksi berupa SMS dan telepon. Selain berfungsi untuk untuk interaksi, benda yang satu ini juga bisa kamu jadikan sarana promosi. Kamu bisa mulai mempromosikan bisnis barumu ini melalui media sosial atau menginformasikan ke kerabat maupun teman-temanmu.

Laptop atau komputer sebenarnya bukan barang yang wajib kamu miliki sebagai agen pulsa listrik. Walaupun keseluruhan transaksi bisa dilakukan menggunakan HP, namun ada baiknya kamu memiliki laptop atau komputer untuk melakukan rekapitulasi. Selain itu, dengan adanya laptop atau komputer bisnismu akan lebih nampak profesional.

Fungsi utama dari printer khusus adalah untuk mencetak bukti transaksi jual beli yang kamu lakukan dengan pelanggan. Meskipun semua transaksi sudah terekam secara online dan transaksi sudah masuk secara otomatis ke HP pelanggan, namun beberapa pelanggan membutuhkan struk cetak sebagai bukti.

Cara Jual Token Listrik ke Pelanggan

Cara jualan pulsa listrik ke pelanggan adalah dengan cara mengisi format transaksi pengisian ke supplier. Format bisa berbeda dari satu supplier dengan supplier pulsa listrik lainnya. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa bertanya langsung ketika mendaftarkan diri sebagai member agen pulsa listrik.

Biasanya penjualan ke pelanggan dilakukan dengan mengirim SMS dengan mencantumkan member ID dan PIN yang diberikan oleh supplier. CSuplier sendiri biasanya menyediakan lima pilihan nominal pulsa listrik, yaitu Rp20.000,-, Rp50.000,-, Rp100.000,-, Rp200.000,-, dan Rp500.000,-. Suplier pulsa listrik tidak menyediakan nominal lain selain yang tertera di atas.

Keuntungan Menjadi Agen Pulsa Listrik

Bisnis jual pulsa dan token listrik menawarkan beragam keuntungan yang bisa kamu nikmati jika rutin dan telaten menekuninya. Apa saja yang akan kamu dapatkan jika menjadi distributor pulsa token listrik?

Saat ini listrik sudah tergolong sebagai kebutuhan primer, artinya setiap orang membutuhkan listrik untuk melakukan aktivitasnya. Hal ini akan berbanding lurus dengan kebutuhan terhadap token listrik yang akan menjamin bisnis kamu dibutuhkan oleh banyak orang. Jadi jangan khawatir jika bisnismu ini tidak akan laku.

Modal awal yang dibutuhkan untuk menjadi penjual pulsa listrik tidak besar, jadi kamu bisa memulainya dengan gampang. Selain itu juga tidak ada resiko rugi karena saldo pulsa listrik yang kamu miliki bisa kamu pakai sendiri.

Saldo pulsa listrik merupakan saldo all operator yang menjadi satu dengan pulsa reguler. Kamu bisa menjualnya sebagai pulsa listrik maupun pulsa HP. Jadi, sangat rugi jika kamu tidak memanfaatkan kemudahan ini.

Jika kamu berjualan makanan tentu kamu akan mempertimbangkan tanggal kadaluarsanya kan? Nah, inilah keunggulan berjualan pulsa listrik karena sampai kapanpun tidak akan basi. Jadi tetap aman ketika kamu memiliki stok yang melimpah.

Transaksi kepada pelanggan juga sangat mudah. Kamu tidak harus bertemu dan bertatap muka karena transaksi bisa dilakukan dengan mudah melalui fitur SMS. Seperti yang dijelaskan di atas, kamu hanya tinggal melengkapi format dan mengirimkannya ke supplier.

Tidak terikat tempat dan jam kerja selama masih dalam yurisdiksi Indonesia. Kamu bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja karena produk yang kamu bawa sangat ringan dan tidak ribet.

Bagaimana Cara Promosi untuk Menarik Pelanggan?

Setelah mengetahui keuntungan menjual pulsa listrik, langkah konkret yang harus kamu perhatikan sebagai seorang pebisnis adalah strategi marketing atau promosi. Promosi sangat penting untuk memperkenalkan bisnis yang sedang atau akan kamu geluti saat ini. Nah, berikut langkah awal tips promosi yang bisa kamu praktikan.

Pergunakan media sosial yang kamu miliki dengan bijak. Kamu bisa memasang iklan dengan desain menarik dan kata-kata persuasif, jangan lupa tinggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Media sosial yang dapat kamu jadikan media promosi adalah Facebook, Instagram, LINE, Whatsapp, dll.

Menggunakan metode diskon untuk menarik minat pelanggan adalah strategi umum namun masih tetap relevan. Kamu bisa melakukan potongan harga, tidak perlu banyak-banyak karena kamu juga masih harus mengambil keuntungan. Kemudian mintalah review dari pelanggan dan posting ke media sosialmu.

Jadi, jualan pulsa listrik yang mudah, murah, dan dapat dilakukan siapa saja merupakan daya tarik baru di sektor bisnis rumahan. Modal awal yang tidak terlalu besar dan strategi marketing yang tidak ribet adalah keuntungan utamanya. Kamu bisa memulai memikirkan dan menimbang ulang, lumayan kan untuk tambahan penghasilan?

Kamu bisa mulai mempelajari cara jual pulsa listrik dari artikel ini dan memperdalam lagi ketika sudah menemukan supplier yang cocok di hati. Tentukan target pasar dan mulailah melakukan promosi. Untuk mengawali sesuatu memang selalu sulit, jadi jangan pantang menyerah.

Setelah mengetahui segala keuntungan dan kemudahan cara jual pulsa listrik, apakah kamu berniat untuk mencobanya? Tidak ada salahnya kan untuk mulai mencobanya sekarang? Selamat berbisnis semoga laris.